Visi : –
Misi : –
PROFIL LABORATORIUM
LEdS merupakan laboratorium riset interdisipliner yang mengadopsi metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan mixed-methods dalam meneliti isu-isu terkini yang berkaitan dengan pembelajaran, pendidikan dan kesejahteraan psikologis di konteks sekolah dan universitas. Laboratorium riset kami mengacu pada serangkaian teori, metodologi penelitian dan praktik-praktik yang berbasis bukti dari berbagai perspektif: psikologis, pendidikan, sosial, ekonomi dan kesehatan masyarakat.
Area fokus kami saat in adalah: literasi, matematika, metakognisi, motivasi akademik, penyesuaian akademik, integritas akademik, pembuatan keputusan dalam berkarir, manajemen pengajaran dan pembelajaran, kesejahteraan psikologis mahasiswa, pola asuh, pendidikan anak berkebutuhan khusus, pendidikan inklusif, perkembangan bicara, bahasa dan komunikasi, literasi dan pendidikan dan perkembangan anak usia dini.
Penelitian kami mempertimbangkan perspektif perkembangan di semua tahapan kehidupan, karena itu portofolio kami mengikutsertakan populasi dari anak usia dini sampai orang dewasa, dari siswa prasekolah sampai mahasiswa universitas. Sebagai komitmen kami terhadap pengabdian masyarakat, laboratorium riset kami secara berkala melakukan pelatihan, penyuluhan dan intervensi pada komunitas sekitar. Proyek terbaru kami saat ini: Program Mengoptimalkan Peran Ibu dalam Membangun Minat Baca pada Anak Usia Dini di Provinsi DKI Jakarta 2022.
Elok Dianike Malay, S.Psi., M.Psi., Psikolog
NUP100211610251904891
E-mail: elokdianike@ui.ac.id
Dr. Eva Septiana, M.Si., Psikolog
NUP0806050138
E-mail: eva_s@ui.ac.id
Indri Hapsari, S.Psi., M.Psi., Ph.D., Psikolog
NUP/NIP197807212022074001
Patricia, S.Psi., M.Psi., Psikolog
NUP0808050297
E-mail: patrice@ui.ac.id
Dr. Tjut Rifameutia Umar Ali, MA., Psikolog
NIP196001131987032002
E-mail: tia_h@ui.ac.id
Wuri Prasetyawati, M.Psi., Ph.D., Psikolog
NUP0806050131
E-mail: wurry@ui.ac.id
2024
Malay, E. D., Coelen, R. J., & Otten, S. (2024). The dynamics in the relationship between perceived cultural distance, cultural intelligence and adjustment of international students. International Journal of Intercultural Relations, 102, 1-16.
Winardy, G. C. B., Septiana, E., & Pranawati, S. Y. (2024). Emotional Experiences in Online, Text-Based Tabletop Role-Playing Games. Simulation & Gaming, 1-25.
2023
Ayuningtyas, A. L., Suharso, P. L., & Hapsari, I. (2023). MENALI Workshop to Improve Teacher Strategies for Teaching Preschool Children at Risk of Developmental Language Disorder (DLD). Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 11(2), 186-192.
Carolina, K., & Mursitolaksmi, L. R. (2023). Kontribusi Father Attachment dan Self Esteem terhadap Peer Victimization pada Remaja. Jurnal Psikologi : Jurnal Ilmiah Fakultas Psikologi Universitas Yudharta Pasuruan, 10(1).
Felaza, E., Findyartini, A., Mustika, R., Bashiruddin, J., Royanto, L. R., Prihartono, J., & Ramani, S. (2023). Deeper look into feedback practice in an Indonesian context: exploration of factors in undergraduate clinical settings. Korean Journal of Medical Education, 35(3), 263.
Hapsari, I. (2023). Supporting Children with Speech, Language, and Communication Needs in Indonesian Kindergarten Classrooms. Jurnal Obsesi, 7(3), 2769-2778.
Makarim, M. F., & Primana, L. (2023). Agentic Engagement Siswa: Tinjauan Literatur Sistematik. Psyche 165 Journal, 16(2), 61-66.
Malay, E. D., Otten, S., & Coelen, R. J. (2023). Predicting adjustment of international students: The role of cultural intelligence and perceived cultural distance. Research in Comparative and International Education, 18(3), 485–504.
Nadhila, N. Q., & Septiana, E. (2023). Gambaran Regulasi Emosi Ibu yang Memiliki Anak Usia Dini dalam Commuter Marriage di Daerah Rural (Desa Pangiang, Sulawesi Barat): Studi Pendahuluan. Media Bina Ilmiah, 17(11), 2723-2734.
Permatasari, S. A., & Mursitolaksmi, L. R. (2023). Controlled Motivation in Explaining Student Engagement on Adolescents of Authoritarian Parents. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(2), 47-59.
Permatasari, S. A., & Prasetyawati, W. (2023). Efforts to Overcome Adolescent Academic Anxiety through Intervention Programs with a Cognitive-Behavioral Therapy Approach. BISMA The Journal of Counseling, 7(1), 130-137.
Permatasari, S. A., & Primana, L. (2023). Penerapan Life-Design Counseling Dalam Menangani Kebimbangan Karier Pada Dewasa Awal. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 7(3), 478-487.
Permatasari, S. A., & Ali, T. R. U. (2023). Penerapan Token Economy dalam Meningkatkan Rentang Perhatian Anak dengan Disabilitas Intelektual. Jurnal Obsesi, 7(2).
Rossallina, L., & Ali, T. R. U. (2023). Peran dukungan sosial dan penyesuaian diri pada kesejahteraan psikologis mahasiswa tahun pertama di masa pandemi COVID-19. Jurnal Psikologi Sosial, 21(2), 157-169.
Rahmadini, R., & Septiana, E. (2023). Efektivitas Pelatihan Kelompok Dengan Pendekatan Experiential Learning Dalam Meningkatkan Motivational Beliefs Siswa Sekolah Dasar. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 7(3), 488-497.
Rahmi, T. N., & Septiana, E. (2023). Efektivitas Pendekatan VAK dalam Meningkatkan Kemampuan Artikulasi Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi, 7(2).
Sakinah, S., Primana, L., Aurelian, E. S., & Kusumadewi, K. D. (2023). Agentic Engagement Peserta Didik Selama Pembelajaran Daring: Pengaruh Motivasi Intrinsik dan Perceived Teacher Autonomy Support. Journal of Psychological Science and Profession, 7(1), 57-68.
Salma, H. H., & Suharso, P. L. (2023). Star (See, Think, Accurate, Responsible) Career Intervention for Student-Athletes Career Engagement. JIP (Jurnal Intervensi Psikologi), 15(1), 9-22.
Salma, H. H., & Prasetyawati, W. (2023). Studi Subjek Tunggal: Efektivitas Teknik Shaping dan Token Economy untuk Meningkatkan Atensi dan Memori Kerja Anak Lamban Belajar. Journal of Psychological Science and Profession, 7(1), 25-35.
Salma, H. H., & Suharso, P. L. (2023). Star (See, Think, Accurate, Responsible) Career Intervention for Student-Athletes Career Engagement. JIP (Jurnal Intervensi Psikologi), 15(1), 9-22.
Winardy, G. C. B., & Septiana, E. (2023). LGBTQ Related Intervention in Indonesia: a Literature Review. Psychological Research on Urban Society, 6(1), 59-73.
2022
Rangkuti, A. A., Royanto, L. R. R., & Santoso, G. A. (2022). Ethical awareness and peer reporting intention of exam cheating and plagiarism: Mediation role of ethical judgment. Issues in Educational Research, 32(3), 1111-1130.
Purnamasari, H., Kurniawati, F., & Rifameutia, T. (2022). Systematic review: A study of college adjustment among first-year undergraduates. Buletin Psikologi, 30(2), 259.
Salma, H. H., & Septiana, E. (2022). Upaya Mengatasi Kebingungan Karier Siswa SMA dengan Meningkatkan Keterlibatan Karier melalui Konseling Karier Individual CIP. BISMA The Journal of Counseling, 6(3).
Winardy, G. C. B., & Mursitolaksmi, L. R. (2022). Reading Self-Efficacy as A Mediator between Reading Motivation and Metacognitive Reading Strategies in EFL Students. Infokum, 10(5), 1104-112.
2020
Lestari, N. N., Septiana, E., & Indrasari, S. Y. (2020). Can teenagers self-regulate their internet use? The effectiveness of self-regulation intervention. Psychology and Education, 57(7), 464-469.
Septiana, E., Rifameutia, T., & Royanto, L. R. (2020). Effect of Moral Emotions and Moral Identity on College Students’ Academic Dishonesty: A Study in Universitas Indonesia. Psychology and Education, 57(6), 392-399.
Pratiwi, A. E., & Septiana, E. (2020). Religious Tolerance in High Schools: Between Civic Education, Teachers, Parents, and Intellectual Humility. Psychology and Education, 57(5), 346-352f
Chandra, T., & Royanto, L. R. (2020). Math Anxiety and Math Achievement: Does Metacognitive Knowledge of Self and Task Determine Them?. Psychology and Education, 57(4), 274-279.