Visi : –

Misi : –


PROFIL LABORATORIUM

LEdS merupakan laboratorium riset interdisipliner yang mengadopsi metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan mixed-methods dalam meneliti isu-isu terkini yang berkaitan dengan pembelajaran, pendidikan dan kesejahteraan psikologis di konteks sekolah dan universitas. Laboratorium riset kami mengacu pada serangkaian teori, metodologi penelitian dan praktik-praktik yang berbasis bukti dari berbagai perspektif: psikologis, pendidikan, sosial, ekonomi dan kesehatan masyarakat.

Area fokus kami saat in adalah: literasi, matematika, metakognisi, motivasi akademik, penyesuaian akademik, integritas akademik, pembuatan keputusan dalam berkarir, manajemen pengajaran dan pembelajaran, kesejahteraan psikologis mahasiswa, pola asuh, pendidikan anak berkebutuhan khusus, pendidikan inklusif, perkembangan bicara, bahasa dan komunikasi, literasi dan pendidikan dan perkembangan anak usia dini.

Penelitian kami mempertimbangkan perspektif perkembangan di semua tahapan kehidupan, karena itu portofolio kami mengikutsertakan populasi dari anak usia dini sampai orang dewasa, dari siswa prasekolah sampai mahasiswa universitas. Sebagai komitmen kami terhadap pengabdian masyarakat, laboratorium riset kami secara berkala melakukan pelatihan, penyuluhan dan intervensi pada komunitas sekitar. Proyek terbaru kami saat ini: Program Mengoptimalkan Peran Ibu dalam Membangun Minat Baca pada Anak Usia Dini di Provinsi DKI Jakarta 2022.

‏‏‎ ‏‏‎ ‏‏‎ ‏‏‎
Ketua

Dr. Linda Primana, M.Si., Psikolog

NUP0800030004

E-mail: linda_p@ui.ac.id

‏‏‎ ‏‏‎ ‏‏‎ ‏‏‎

Elok Dianike Malay, M.Psi., Psikolog

NUP100211610251904891

E-mail: elokdianike@ui.ac.id

‏‏‎ ‏‏‎ ‏‏‎ ‏‏‎

Dr. Eva Septiana, M.Si., Psikolog

NUP0806050138

E-mail: eva_s@ui.ac.id

‏‏‎ ‏‏‎ ‏‏‎ ‏‏‎

Dr. Lucia R.M. Royanto, M.Si., M.Sp.Ed., Psikolog

NIP196312021991102001

E-mail lucia.retno@ui.ac.id

‏‏‎ ‏‏‎ ‏‏‎ ‏‏‎

Patricia Adam, M.Psi., Ed.M., Psikolog

NUP0808050297

E-mail: patrice@ui.ac.id

‏‏‎ ‏‏‎ ‏‏‎ ‏‏‎

Dr. Puji Lestari Suharso, M.Psi., Psikolog

NIP195906281986032002

E-mail: pprianto@ui.ac.id

‏‏‎ ‏‏‎ ‏‏‎ ‏‏‎

Dr. Tjut Rifameutia Umar Ali, MA., Psikolog

NIP196001131987032002

E-mail: tia_h@ui.ac.id

‏‏‎ ‏‏‎ ‏‏‎ ‏‏‎

Wuri Prasetyawati, M.Psi., Psikolog

NUP0806050131

E-mail: wurry@ui.ac.id

Click here for more Information.

Klik disini untuk Informasi lebih lanjut.

Prasetyawati, W., (2022). Through the Eyes of an Intern: Reflecting the Roles of Learning Designer in the Transition from Face to Face to Online Learning. 14th annual International Conference on Education and New Learning Technologies (Virtual), Palma de Mallorca, Spain, 2022.

Chairina A., & Primana, L. (2022). Efikasi diri sebagai mediator antara strength-based parenting dan academic buoyancy pada masa pandemi COVID-19. Persona Jurnal Psikologi Indonesia 10(2):278-296. http://dx.doi.org/10.30996/persona.v10i2.5508

Mutiara, T., & Rifameutia, T. (2021). Adaptasi alat ukur regulasi diri dalam belajar daring. Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 6(2), 301–309. https://doi.org/10.17977/um039v6i12021p301.

Prasetyawati, W., Rifameutia, T., Gillies, R., & Newcombe, P. (2021). Adaptasi BASWBSS, Skala Kesejahteraan Subjektif Siswa dalam Konteks Indonesia. Anima, 36(2).

Lestari, N. N., Septiana, E., & Indrasari, S. Y. (2020). Can teenagers self-regulate their internet use? The effectiveness of self-regulation intervention. Psychology and Education, 57(7), 464-469.

Sjari’ati, N. T., & Primana, L. (2020). Kontribusi persepsi dukungan keluarga terhadap kelekatan ibu-janin di Purwakarta. Journal of Psychological Science and Profession.

Septiana, E., Rifameutia, T., & Royanto, L. R. (2020). Effect of Moral Emotions and Moral Identity on College Students’ Academic Dishonesty: A Study in Universitas Indonesia. Psychology and Education, 57(6), 392-399.

Pratiwi, A. E., & Septiana, E. (2020). Religious Tolerance in High Schools: Between Civic Education, Teachers, Parents, and Intellectual Humility. Psychology and Education, 57(5), 346-35.

Chandra, T., & Royanto, L. R. (2020). Math Anxiety and Math Achievement: Does Metacognitive Knowledge of Self and Task Determine Them?. Psychology and Education, 57(4), 274-27.

Aprilia, R., & Royanto, L. R. (2020). Does metacognition matter in the relationship between mathematics interest and mathematics anxiety?. Ilkogretim Online, 19(4), 2396-2407.

Faizah L. & Rifameutia, T. (2019). Sojourner Students’ Adjustment: Do They Need to Lower Their Normative Achievement Goal Orientation to Remain Confident and Survive? Makara Hubs-Asia, 2019, 23(1),73-83. https://DOI:10.7454/hubs.asia 1120119.

Mursitolaksmi, L. R., & Sari, A. A. (2019). Nilai prestasi sebagai moderator hubungan kegigihan dengan prestasi akademik. Jurnal Psikologi Teori dan Terapan.

Murti, R. A., & Malay, E. D. (2019). Efektivitas program disability awareness dalam meningkatkan pengetahuan guru tentang siswa berkebutuhan khusus. inquiry: jurnal ilmiah psikologi.